Artikel Pengantar Perumahan




Fungsi Sosial Taman di Kawasan Perumahan
Susantri (083001400001), susantri36@yahoo.com

Kata Kunci:   Fungsi Sosial Taman, Kawasan Perumahan

1.      PENDAHULUAN

Taman merupakan suatu tempat atau ruang yang dibangun atau ditata untuk suatu tujuan berdasarkan fungsinya. Keberadaan taman di kawasan perumahan sangat dibutuhkan sebagai salah satu fasilitas  penunjang untuk melakukan berbagai aktivitas. Taman di kawasan perumahan dibangun berdasarkan beberapa fungsinya yaitu fungsi Sosial dimana taman digunakan untuk menunjang aktivitas sosial, fungsi Ekonomi yaitu taman digunkan untuk kegiatan ekonomi, dan Fungsi Ekologi yaitu dimana taman difungsikan selayaknya ruang terbuka hijau (RTH) sebagai bagian dari nature.
Namun, seringkali penggunaaan taman ini tidak berdasarkan fungsinya atau bahkan jarang dipergunakan sebagai layaknya fasilitas. Berdasarkan pada fungsi sosialnya, taman yang dibangun pada kawasan perumahan dengan fokus utamanya juga sebagai fungsi sosial diharapkan akan mencapai tujuan dimana masyarakat di kawasan perumahan akan menggunakan taman ini sebagai wadah aktivitas-aktivitas sosial seperti melakukan suatu kegiatan sosial yang melibatkan masyarakat yang ada di daerah perumahan tersebut contohnya dijadikan tempat berkumpul atau rekreasi dari warga setempat. Maka dengan hal tersebut bisa dikatakan taman mulai digunakan selayaknya fungsi sosialnya.
Namun, dari tahun ke tahun, masyarakat perumahan mulai sibuk dengan urusan pekerjaan masing-masing sehingga jarang melakukan kegiatan sosial di kawasan perumahan. Sehingga, hal ini mulai menghilangkan fungsi sosial taman. Masyarakat di kawasan perumahan sudah hampir tidak pernah lagi mengadakan aktivitas-aktivitas sosialnya di taman kawasan perumahan tersebut.Sehingga, karena hal tersebut diperlukan upaya-upaya penegakan kembali fungsi sosial dari taman di kawasan perumahan. Karena itu, muncullah pertanyaan “Apa upaya untuk menegakkan fungsi sosial taman di kawasan perumahan?


2.      TAMAN DI KAWASAN PERUMAHAN
Perumahan dan Kawasan Permukiman adalah satu kesatuan sistem yang terdiri atas pembinaan, penyelenggaraan perumahan, penyelenggaraan kawasan permukiman, pemeliharaan dan perbaikan, pencegahan dan peningkatan kualitas terhadap perumahan kumuh dan permukiman kumuh, penyediaan tanah, pendanaan dan sistem pembiayaan, serta peran masyarakat. (Sumber: UU No. 1 Tahun 2011 Tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman)
Taman adalah kawasan hijau atau area yang ditanami berbagai macam tumbuhan yang biasanya dibangun sebagai pelengkap dari suatu kota atau fasilitas untuk kawasan perumahan. Taman juga biasanya di gunakan untuk menjadi tempat masyarakat setempat melakukan beberapa kegitannya. taman lingkungan memiliki peran penting dalam perumahan tidak hanya sebagai ruang terbuka hijau (Aulia Hariz, 2013 : 2)
Selain sebagai suatu fasilitas kota di kawasan perumahan, taman juga dibangun menurut tujuan dan fungsinya. Dengan dibangunnya taman diharapkan tujuannya akan tercapai yaitu sebagai tempat dimana masyarakat sekitarnya akan mulai meluangkan waktunya sekedar untuk ke taman atau saat liburan. Hal ini juga, secara tidak langsung akan membantu mengurangi beban di jalan pada saat-saat tertentu seperti pada waktu liburan.
3.      FUNGSI SOSIAL TAMAN
Fungsi sosial secara umum yaitu dimana merujuk kepada masing-masing karakter individu itu sendiri. Pada kawasan perumahan akan ada elemen society dimana manusia dipandang sebagai suatu kelompok.
Kehidupan sosial perkotaan akan lebih baik dan sehat apabila tersedia ruang terbuka hijau yang cukup, terencana dan teratur. Kondisi ini akan memberikan pertumbuhan jiwa yang sehat dan positif  bagi setiap tingkat usia. Anak-anak dapat bermain di taman dengan aman, bukan di jalan yang penuh bahaya. Remaja dapat berolahraga dan tumbuh sehat jiwa raganya. Masyrakat luas dapat berrekreasi, memulihkan kesegaran dan kebugaran, membangkitkan kreasinya dan bekerja kembali bagi kesejahteraan hidupnya. (Edi  Purwanto, 2007 : 4)
Jika suatu kawasan perumahan juga dibangun berdasarkan elemen society maka akan menyediakan fasilitas penunjang kegiatan penghuninya seperti taman. Jika taman disini dibangun untuk menunjukkan fungsi sosialnya maka akan didapatkan fungsi taman yang sesungguhnya.
Fungsi taman yang dimaksud disini yaitu dimana taman digunakan selayaknya yang merujuk kepada fungsi sosialnya seperti digunakan untuk kegiatan-kegiatan sosial, tempat interaksi masyarakat sekitar taman tersebut. Jika melihat kembali, sangat jarang ditemukan masyarakat permukiman yang satu kawasan akan mengenal satu sama lain. Masyarakat di kawasan tersebut akan cenderung sibuk dengan pekerjaan masing-masing sehingga tak ada kesempatan untuk berinteraksi ke sesama masyarakatnya.
Fungsi sosial taman ini akan berperan di dalam hal tersebut.
4.      KESIMPULAN
Untuk menegakkan fungsi sosial taman, dibutuhkan kesadaran dari masyarakat di kawasan itu  sendiri. Namun, karena masyarakat hanya biasa memandang taman dari sisi keindahannya sehingga melupakan fungsi sosialnya, maka upaya yang dapat dilakukan untuk kembali menegakkan fungsi taman yaitu melakukan kegiatan-kegiatan sosial dan menjadikan taman juga sebagai sarana rekreasi masyarakat setempat.







DAFTAR PUSTAKA

Hariz Aulia. 2013. Evaluasi Keberhasilan Taman Lingkungan di Perumahan Padat Sebagai Ruang Terbuka Publik Studi Kasus: Taman Lingkungan di Perumahan Galur, Jakarta Pusat. Jakarta: Jurnal Perencanaan Wilayah dan Kota.

Purwanto Edi. 2007. Ruang Terbuka Hijau di Perumahan Graha Estetika Semarang. Semarang: Jurnal Ilmiah Perancangan Kota dan Permukiman.

Komentar

  1. Steel Edge - Titanium Strength - The iTech Sports
    The stainless steel titanium linear compensator core will titanium nipple rings deliver seiko titanium an titanium linear compensator ultra-rare performance for all major athletic projects. mens titanium rings Iron core and core are crafted with the same

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

uji amilum, glukosa, protein dan lemak pada bahan makanan

Contoh Ringkasan Artkel/Jurnal Ilmiah

karya tulis "Membangun karakter pemuda melalui 4 pilar"