karya tulis "Membangun karakter pemuda melalui 4 pilar"


BAB 1
PENDAHULUAN

    A.   Latar Belakang
       Para pemuda adalah salah satu penentu masa depan dan kemajuan bangsa dan negara. Namun sayangnya, masih banyak para pemuda yang masih belum menyadari hal tersebut.

       Para pemuda kadang menganggap enteng 4 pilar di bangsa Indonesia. Hati mereka masih saja belum bergerak melihat keadaan yang ada di Negara kita. Maka melihat hal tersebut saya ingin menyampaikan betapa penting dan diperlukannya suatu karakter pemuda.

       Dengan demikian, melalui karya tulis ini. Saya berharap para pemuda dapat bangkit melihat seluruh keadaan di Indonesia. Menjadi pemuda yang berkarakter. Berjiwa peduli sesama, bermoral, mandiri dan jujur serta berjuang demi mencerdaskan kehidupan masyarakat.














   B.   Rumusan Masalah

1.      Apakah para pemuda dapat memiliki karakter dengan 4 pilar (Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika) ?
2.      Bagaimana cara pemuda Indonesia memiliki karakter melalui 4 pilar (Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika) ?
3.      Apa saja karakter para pemuda yang akan dibentuk jika mereka menyadari dan ingin memajukan bangsa Indonesia ?
4.      Bagaimana cara memperkuat karakter pemuda melalui 4 pilar tersebut ?


   C.   Tujuan Penulisan
1.      Untuk mengetahui apakah para pemuda dapat memiliki karakter dengan 4 pilar.
2.      Untuk mengetahui cara pemuda Indonesia memiliki 4 karakter melalui 4 pilar.
3.      Untuk mengetahui apa saja karaker pemuda yang akan terbentuk melalui 4 pilar jika mereka menyadari dan ingin memajukan bangsa indonesia.
4.      Untuk mengetahui cara memperkuat karakter pemuda melalui 4 pilar.

   D.   Manfaat Penulisan
1.      Memperkenalkan manfaat bagi bangsa jika para pemuda menyadari kondisi bangsa.
2.      Memperkenalkan informasi bagaimana pentingnya suatu perubahan yang lebih maju bagi bangsa jika para pemudanya mau berpartisipasi.
3.      Memperkenalkan bagaimana karakter yang baik dan cara mempertahankan kekokohan suatu karakter tersebut.







BAB II
TINJAUAN PUSTAKA

     A.   Deskripsi Teori

       Para pemuda adalah generasi penerus bangsa yang dapat mewujudkan mimpi-mimpi bangsa, jika para pemuda tersebut mau berubah dan menyadari diri menjadi lebih baik, lebih maju sehingga dapat menciptakan karakter-karakter bangsa yang berpotensi dan berdaya juang saing.

       Jika generasi muda pada saat ini pandai untuk mengeluarkan atau mengelola potensi-potensi yang ada dalam diri mereka masing-masing serta menjaga sumber daya alam dan kekayaan alam yang kita miliki saat ini, pasti Indonesia akan maju. Karakter yang unggul sangatlah perlu di tanamkan dalam diri para generasi muda sebab karakter merupakan akar sekaligus cerminan dari budaya sebuah bangsa.

        Apabila semua para generasi muda memiliki karakter yang unggul maka, pastilah bangsa     kita ini akan terlihat sebagai bangsa yang pantas menjadi contoh pada Negara-negara lain.

        Dan untuk mewujudkan hal itu, selain memiliki karakter yang unggul juga harus didampingi oleh 4 pilar kebangsaan agar bangsa kita menjadi lebih baik daripada sebelumnya dengan memperoleh negara yang maju dan masa depan bangsa yang lebih cerah. Karakter pemuda dapat terbentuk jika 4 pilar selalu menopang atau menjadi pegangan bagi para pemuda.




    B.   Landasan Teori
      
A.    Pengertian-pengertian dasar judul laporan
       Pada kata 4 pilar kebangsaan mencakup tentang Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia, Undang-Undang Dasar 1945 sebagai landasan hukum untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat, NKRI sebagai kesatuan bangsa di dalam kebhinekaan tetap terjaga, dan Bhineka Tunggal Ika untuk mempersatukan perbedaan dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
       Jadi 4 pilar ini akan sangat berperan dalam menopang terbentuknya karakter bangsa dan untuk memperkuat karakter bangsa asalkan para pemudanya selalu mau menghargai dan menjadikan pedoman 4 pilar tersebut.

B.     Definisi-Definisi yang berhubungan dengan permasalahan
       4 pilar bangsa yang menopang para pemuda bangsa, hingga membentuk karakter adalah suatu kriteria yang akan terbentuk jika para pemuda mau bersaing menjadi lebih baik, berjdaya juang saing, menghasilkan benih-benih yang berpotensi agar lebih maju. Namun semua takkan terbentuk jika para pemudanya tidak berpedoman pada ke-4 pilar tersebut. Malah sebaliknya, yang terjadi adalah para pemuda menjerumuskan bangsanya kedalam masalah yang membuat negaranya takkan maju, jadi butuh kesabaran dari para pemuda itu sendiri dan pedoman kepada 4 pilar kebangsaan.


C.   Kerangka Pikir
  
       Pemuda merupakan salah satu penentu kemajuan suatu bangsa dan negara, karena dari pemudalah lahir calon – calon pemimpin baru dimasa yang akan datang. , jika generasi muda pada saat ini pandai untuk mengeluarkan/mengelola potensi-potensi yang ada dalam diri mereka masing-masing serta menjaga sumber daya alam dan kekayaan alam yang kita miliki saat ini, pasti Indonesia akan maju. Karakter yang unggul sangatlah perlu di tanamkan dalam diri para generasi muda sebab karakter merupakan akar sekaligus cerminan dari budaya sebuah bangsa. Pemuda harus memiliki karakter yang unggul dan juga harus didampingi oleh 4 pilar kebangsaan agar bangsa kita menjadi lebih baik daripada sebelumnya dengan memperoleh negara yang maju dan masa depan bangsa yang lebih cerah. Memperkuat karakter pemuda bangsa Indonesia diawali dengan perwujudan 4 pilar kebangsaan Indonesia, yaitu:
1   .      Mengamalkan Pancasila Sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup Bangsa Indonesia. Dalam mengusahakan dan Menyelenggarakan Sistem Pendidikan Nasional Mengamalkan pancasila sebagai dasar Negara dan pandangan hidup bangsa Indonesia dalam mengusahakan dan menyelenggarakan sistem pendidikan Nasional Dengan tujuan bahwa dengan dasar pelaksanaan undang-undang dasar Negara Republik Indonesia maka seluruh elemen masyarakat dapat mentaati peraturan perundang-undangan yang berlaku di negara Indonesia. Karena di era globalisasi saat ini kita menghadapi berbagai macam tantangan. Tantangan itu bukan hanya dari dalam tapi tantangan itu berasal dari luar.

2  .      Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Sebagai Landasan Hukum Untuk Mengembangkan Kemampuan dan Membentuk Watak Serta Peradaban Bangsa yang Bermartabat, dalam Rangka Mencerdaskan Kehidupan Bangsa. Melaksanakan Hukum Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Sebagai Landasan Hukum Untuk Mengembangkan Kemampuan dan Membentuk Watak Serta Peradaban Bangsa yang Bermartabat, dalam Rangka Mencerdaskan Kehidupan Bangsa yang bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab dalam mengisi kemerdekaan. “Pemuda Indonesia memiliki 3 aspek penting, yaitu Aspek Mentalitas, Aspek Kapasitas dan Aspek Kemampuan Beradaptasi.”

3  .      Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sebagai kesatuan bangsa Melalui Satu Sistem Pendidikan Nasional Menjaga Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia bertujuan untuk memberikan pengetahuan yang pada akhirnya dapat mewujudkan sikap dan perilaku Bela Negara yang dilandasi Wawasan Kebangsaan. Untuk itu jadikanlah Bela Negara sebagai Gerakan Nasional bagi Bangsa Indonesia, agar Persatuan dan Kesatuan Bangsa di dalam Kebhinekaan tetap terjaga, guna utuhnya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Membangun Kesadaran Bela Negara pada pemuda merupakan sesuatu yang penting dan tidak bisa dianggap suatu hal yang sepele, karena pemuda merupakan generasi penerus bangsa yang tidak dapat didisparitaskan dari sejarah bangsa ini.

4   .      Bhineka Tunggal Ika untuk Mewujudkannya  Kehidupan Bermasyarakat, berbangsa dan Bernegara Di dalam kehidupan berbangsa disekeliling kita terdapat agama, suku, ras, kesenian, adat, bahasa, dan lain sebagainya namun tetap satu kesatuan yang sebangsa dan setanah air. Dipersatukan dengan bendera, lagu kebangsaan, mata uang, bahasa dan lain-lain yang sama. Para generasi muda dapat menerima perbedaan yang dimaksud dalam Bhineka Tunggal Ika dengan menanamkan sifat toleransi serta mewujudkannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Dengan tujuan timbulnya hubungan kekeluargaan dengan mempererat tali silaturahmi atau persaudaraan antar sesama masyarakat dalam satu bangsa yang berbhineka.

        Sebagai generasi muda atau figur bangsa Indonesia kita harus dibekali oleh kreativitas, inovatif, kecerdasan dan keterampilan. Jika di negara kita yang tercinta ini semua generasi muda bisa memiliki kriteria tersebut saya yakin bahwa negara Indonesia akan bisa bersaing dengan negara lain. Pemuda Indonesia itu bisa, karena Pemuda adalah seseorang yang memiliki suatu semangat yang begitu membara dalam kesehariannya dan selalu menciptakan karya – karya terbaiknya yang di wujudkan dalam kebersamaan yang menggambarkan kepada dunia luar bahwa negara Indonesia itu bukan hanya sekedar semboyan yaitu Bhineka Tunggal Ika. Tetapi negara Indonesia adalah bersatu, memiliki berbagai macam suku, agama, ras, berbagai macam budaya dan berbeda latar belakang pendidikan namun Pemuda Indonesia dapat bertoleransi antara satu dengan yang lainnya.

        Namun dari sudut pandang yang berbeda banyak pendapat bahwa negara Indonesia memiliki banyak pengaruh terutama pada generasi muda seperti maraknya pengaruh narkoba yang mewarnai kehidupan pada generasi pemuda sekarang ini. Yang hal ini dapat membawa para generasi muda Indonesia terpuruk dalam kegelapan untuk mencapai cita-cita mereka menjadi anak generasi penerus bangsa, namun generasi muda itu tidak selamanya hitam. Bangkitlah semangat para generasi muda yang bisa membawa perubahan Bangsa kita yang tercinta ini jauh lebih baik di masa yang akan datang. Kerna di pundak generasi mudalah yang akan menentukan nasib bangsa di masa yang akan datang, yang bisa mengganti para generasi tua dalam roda kepemerintahan. Pemuda Indonesia adalah pemuda nasionalisme, patriotisme, cinta bangsa dan tanah air, Menggalang persatuan dan kesatuan Indonesia, menghilangkan penonjolan kekuatan atau kekuasaan, keturunan dan perbedaan warna kulit dan menumbuhkan rasa senasib dan sepenanggungan.

        Kokohnya mentalitas para pemuda menjadi modal mengahdapi berbagai problematika yang terjadi di masyararakat. Maka, para pemuda Indonesia harus bisa melatih dan membina diri agar memiliki mentalitas yang kuat dan kokoh. Aspek Kapasitas sangat penting dimiliki oleh para generasi muda bangsa indonesia untuk menunjukkan bahwa dirinya memiliki kelebihan dan keunikan dibanding dengan orang-orang di luar sana. Pemuda Indonesia harus mampu memanajemenkan dan memimpin masyarakat Indonesia dalam lingkup pekerjaan yang lebih luas. Lingkungan disekitar kita senantiasa berubah. Dengan adanya perubahan tersebut maka para pemuda Indonesia harus mempunyai Aspek Kemampuan untuk Beradaptasi dalam lingkungan yang senantiasa berubah.

        Saat ini adalah zamannya bagi para pemuda untuk berkarya dengan sebaik – baiknya. Ide – ide baru dari para pemuda kini terus dinanti kontribusinya. Bangsa saat ini masih terus menunggu para pemuda memberikan pencerahan dalam perjalanan hidup ini. Karakter seorang pemuda yang harus dimiliki saat ini haruslah sesuai dengan zaman dan persaingan global. Sedangkan, pemuda yang hanya menghapuskan waktunya dengan begitu saja akan menyesal di kemudian hari. Karakter yang harus melekat dalam hati seorang pemuda bangsa adalah berpikir global, berinisiatif yang tinggi, kuat jasmani maupun rohani, empati dan peduli.

        Ada seseorang yang mengatakan bahwa karakter seseorang tidak bisa dirubah, tapi kepribadian seseoranglah yang bisa dirubah. Maka dari itu, ada yang namanya sekolah kepribadian, tidak ada yang namanya sekolah karakter. “Tapi bukankah karakter bisa dibentuk atau dibangun.?” Maka dari itu ada istilah “character building”. Apa sih sebenarnya arti dari karakter dan kepribadian itu? Jika diamati hampir sama tapi jelas beda. Namun keduanya saling berkaitan dan tidak bisa dilepaskan satu sama lainnya.

BAB III
KESIMPULAN DAN SARAN

     A.   Kesimpulan
        Para pemuda adalah salah satu penentu masa depan dan kemajuan bangsa dan negara. Karakter yang unggul sangatlah perlu di tanamkan dalam diri para generasi muda sebab karakter merupakan akar sekaligus cerminan dari budaya sebuah bangsa.
        Jadi 4 pilar ini akan sangat berperan dalam menopang terbentuknya karakter bangsa dan untuk memperkuat karakter bangsa asalkan para pemudanya selalu mau menghargai dan menjadikan pedoman 4 pilar tersebut.
1.      Mengamalkan Pancasila Sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup Bangsa Indonesia. Dalam mengusahakan dan Menyelenggarakan Sistem Pendidikan Nasional Mengamalkan pancasila sebagai dasar Negara dan pandangan hidup bangsa Indonesia dalam mengusahakan dan menyelenggarakan sistem pendidikan Nasional.
2.      Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Sebagai Landasan Hukum Untuk Mengembangkan Kemampuan dan Membentuk Watak Serta Peradaban Bangsa yang Bermartabat, dalam Rangka Mencerdaskan Kehidupan Bangsa
3.      Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sebagai kesatuan bangsa Melalui Satu Sistem Pendidikan Nasional Menjaga Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia bertujuan untuk memberikan pengetahuan yang pada akhirnya dapat mewujudkan sikap dan perilaku Bela Negara yang dilandasi Wawasan Kebangsaan.
4.      Bhineka Tunggal Ika untuk Mewujudkannya  Kehidupan Bermasyarakat, berbangsa dan Bernegara Di dalam kehidupan berbangsa disekeliling kita terdapat agama, suku, ras, kesenian, adat, bahasa, dan lain sebagainya namun tetap satu kesatuan yang sebangsa dan setanah air.
          Saat ini adalah zamannya bagi para pemuda untuk berkarya dengan sebaik – baiknya. Ide   – ide baru dari para pemuda kini terus dinanti kontribusinya. Bangsa saat ini masih terus menunggu para pemuda memberikan pencerahan dalam perjalanan hidup ini. Karakter seorang pemuda yang harus dimiliki saat ini haruslah sesuai dengan zaman dan persaingan global. Karakter yang harus melekat dalam hati seorang pemuda bangsa adalah berpikir global, berinisiatif yang tinggi, kuat jasmani maupun rohani, empati dan peduli.


   B.   Saran
      
v  Sebaiknya para pemuda Indonesia lebih giat mengasah potensi demi mewujudkan cita-cita bangsa.
v  Sebaiknya selalu mengamalkan 4 pilar kebangsaan dan menerapkan dalam kehidupan.
v  Jangan pernah putus asa dan usahakan tidak terjerumus dalam pergaulan bebas agar tidak menggoyahkan suatu karakter bangsa.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

uji amilum, glukosa, protein dan lemak pada bahan makanan

Contoh Ringkasan Artkel/Jurnal Ilmiah